Home » , » Shalat Jumat

Shalat Jumat

“Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui” (QS. Al Jumu’ah: 9).

Bagi sebahagian orang, shalat Jumat adalah ibadah rutin mingguan. Sehingga akan menjadi selesai kewajiban, begitu selesai melaksanakannya. Namun, menurut para ulama, ada banyak hal lain yang lebih dari itu.  Antara lain, tentang bagaimana sebaiknya hidup bermasyarakat dengan masyarakat banyak.

Hidup bermasyarakat memerlukan adanya kepemimpinan dan pemimpin yang perlu didengar dan dipatuhi.  Disebut kepemimpinan, karena ada syarat-syarat atau aturan yang harus diketahui oleh pemimpin dalam memimpin rakyatnya. 

Termasuk di antaranya ada skala prioritas dalam menjalankan program. Terutama mengajak untuk senantiasa mengingat Allah. Selanjutnya, tidak menghabiskan waktu dan sumberdaya untuk melakukan hal-hal yang tidak atau kurang penting, dengan meninggalkan hal-hal yang sangat penting, utama, dan mendesak.  

Sebaliknya, pemimpin juga perlu mengetahui kalau ada keharusan untuk mendengar anggota jamaah, bila melakukan kekeliruan. Bukan hanya sebatas mendengar, tetapi juga memperbaiki kesalahan secara transparan atau didengar oleh para anggota jamaah. Dengan cara demikian, akan tercipta masyarakat yang damai, yang tak terhitung nilainya.

0 comments:

Post a Comment