Home » , » Membayar Gaji Karyawan

Membayar Gaji Karyawan

“Bayarlah kepada pekerja upahnya sebelum kering keringatnya” (HR. Baihaqi).

Siapapun yang sedang menyongsong hari kemenangan Idul Fitri, ingin merasakan suatu kegembiraan khusus. Apalagi predikat kembali menjadi suci diraih dengan menahan diri dan penuh kesabaran sebulan penuh selama Ramadhan. 

Banyak yang berusaha bekerja siang dan bahkan malam agar mampu merayakan hari kemenangan itu dengan baik. Jangan sampai harapan mulia orang-orang yang telah bersusah payah bekerja itu terganjal akibat upah-upahnya tak dibayar dengan semestinya.

Tidak membayar upah-upah para pekerja dengan sepatutnya bukan hanya memupuskan harapan sekaligus menzalimi manusia, tetapi juga mencari musuh dengan Allah. Sebagaimana dikabarkan oleh Rasulullah, Allah memusuhi tiga jenis manusia di hari kiamat. Di antaranya orang yang menyewakan seorang upahan dan mempekerjakan dengan penuh, tetapi tidak membayar upahnya (HR. Imam Bukhari).

Lebih lanjut diingatkan dalam Alquran bahwa orang-orang yang dimusuhi Allah, seperti yang suka berbuat zalim, akan jauh dari petunjukNya. Dan siapapun yang dimusuhi Allah akan menjadi percuma amalannya. 

Menjadi sia-sia juga bersusah payah menahan diri selama bulan Ramadhan, bila tak berusaha mencari ridha Allah. Karena itu, Rasulullah SAW mengajak siapapun agar membayar upah para pekerja dengan jumlah yang pantas dan sesegera mungkin.

0 comments:

Post a Comment