Home » » Beda Untuk Saling Mengenal

Beda Untuk Saling Mengenal

Adanya perbedaan pada makhluk manusia sepantasnya kita syukuri. Dikaruniai kulit bermacam-macam warna, hidung berbagai bentuk, bentuk tubuh berbagai bentuk, suara berbagai jenis, dan lain-lain. Ditakdirkan lahir dalam suatu suku bangsa dan dalam suatu negeri, yang tak pernah direncanakan sendiri sebelumnya. 

Semua ini menggambarkan keanekaragaman pada manusia. Yang lebih hebat lagi, manusia dikaruniai akal, di samping nafsu. Namun, tanpa kita sadari sebagian orang lebih memilih untuk mencemooh sebagian dari yang lain.

Padahal telah diingatkan bahwa bisa jadi yang dicemooh itu lebih baik dari yang mencemooh. Allah juga telah bersumpah bahwa makhluk manusia telah diciptakanNya dalam bentuk yang sebaik-baiknya.

Sumpah yang tersurat dalam Alquran ini sepantasnya membuat manusia takut mengejek orang lain. Apalagi ejekan sering menyulut kejahatan-kejahatan lainnya. Tak ada manusia yang suka apa yang dimilikinya diejek.

Manusia sepatutnya menjaga diri dan mensyukuri dirinya telah diciptakan dalam bentuk terbaik, dibandingkan makhluk-makhluk lain. Sepantasnya manusia juga saling mengingatkan, apalagi manusia adalah makhluk pelupa. 

Jangan sampai derajat tinggi yang dimiliki manusia menjadi sama dengan atau lebih rendah dari derajat binatang, yang hanya dikaruniai nafsu.

0 comments:

Post a Comment