Home » » Meringankan Beban

Meringankan Beban

“Dan barangsiapa yang memudahkan orang yang mengalami kesulitan maka Allah akan mudahkan baginya di dunia dan di akhirat” (HR. Muslim).

Hidup dalam beban derita sangatlah tak mudah dan berat. Dan kalau boleh memilih, tak ada yang memilih menderita. Namun penderitaan kadangkala datang, meski tak dipilih. Seperti saudara-saudara kita yang hari ini sangat menderita hidupnya karena tertimpa bencana, seperti banjir, tanah longsor, kebakaran, dan sebagainya. 

Lain kali, mungkin kita akan mengalami hal yang sama, dan bahkan bisa saja lebih dahsyat. Di saat menderita, sedikit bantuan terasa sangat berarti dalam meringankan beban.

Allah sangat menghargai orang-orang yang ikhlas bekerja meringankan beban penderitaan makhluk-makhluk ciptaanNya, lebih-lebih makhluk manusia. Allah berjanji bahwa siapa saja yang meringankan langkah untuk membantu, akan dibantuNya terutama pada hari di mana tiada tempat berlari di akhirat kelak.

Karena itu, selagi punya kesempatan dan kemampuan, tak wajar bila hanya bertopang dagu tanpa membantu siapapun yang sedang menderita kesusahan. Di saat sempat dan mampu, itu berarti kita sedang diuji sejauhmana terketuk hati untuk berempati dan peduli. Bukan hanya peduli terhadap orang lain, tetapi juga peduli terhadap diri sendiri. 

Sebab, setiap niat untuk membantu orang lain, itu berarti niat untuk membantu diri kita sendiri. Sebab, Allah memastikan akan membantu orang-orang yang ikhlas membantu. Karena itu, yang terbaik tentunya mewujudkan niat dalam perbuatan.

0 comments:

Post a Comment