Home » , » Modal Menuju Kemenangan

Modal Menuju Kemenangan

“Dan berpegang teguhlah kalian semua dengan tali (agama) Allah, dan janganlah kalian bercerai berai” (QS. Ali Imran: 103).

Melihat umat yang kadangkala mengalami perpecahan atau bercerai-berai, rata-rata orang merasa sangat prihatin. Pasalnya, persatuan adalah modal menuju kemenangan. Namun, prihatin saja tidak cukup, karena tidak sampai pada tahap menyelesaikan masalah.  Apalagi bila ditelusuri, perpecahan itu mempunyai akar masalah, yang butuh perhatian serius dari umat.

Jika dicermati, akar masalah perpecahan umat terdapat pada pegangan yang salah.  Kini banyak yang berpegang teguh pada kepentingan politik (partai) sesaat. Seakan-akan membela kepentingan politik lebih utama, ketimbang memperjuangkan nilai-nilai lain seperti persatuan dan kebersamaan.  

Sehingga yang berbeda kepentingan politik seringkali dianggap lawan. Yang dianggap lawan juga akan menganggap orang yang menganggapnya demikian sebagai lawan juga.  Sehingga terjadilah permusuhan berkepanjangan, yang selanjutnya menghancurkan modal untuk meraih kemenangan seperti persatuan, kasih sayang, ukhuwah, dan lain-lain.

Akan berbeda keadaan umat jika benar-benar berpegang teguh kepada tali Allah, yaitu agama Islam.  Dalam berbagai suasana, Islam mengutamakan perdamaian, persatuan, persaudaraan, kepedulian, dan kasih sayang.  Sehingga setiap tindakan diupayakan tidak mengganggu keberlangsungan perdamaian dan persatuan umat, misalnya. Bukan sebaliknya.

0 comments:

Post a Comment