Home » » Pentingnya Berusaha

Pentingnya Berusaha

“Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezekilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur” (QS. Ibrahim: 37).

Demikianlah doa Nabi Ibrahim alaihissalam ketika meninggalkan isteri dan bayinya. Mereka ditinggalkan di lembah yang tandus dan tak berpenghuni. Sebagai insan biasa, sang isteri yang ditinggalkan yang bernama Siti Hajar, merasakan kesedihan yang amat mendalam. Namun, ia berusaha untuk tabah dan tegar, dengan menyerahkan hidupnya sepenuhnya kepada Allah yang maha kuasa.

Namun tak berapa lama kemudian Siti Hajar kehabisan bekal hidupnya. Bayinya yang diberinama Ismail pun menangis kehausan. Hati siapa yang tak sedih menatap anaknya semakin kencang menangis ketiadaan makanan dan minuman. Lantas ia berusaha mencari air di sekitarnya, hingga mendaki Bukit Safa dan Marwah berulang kali hingga kali ketujuh. 

Ketika sampai di Marwah, tiba-tiba terdengar suara mengejutkan dari tempat bayinya dibaringkan, sehingga ia menuju ke arah suara itu.  Betapa terkejutnya ia ketika melihat air memancar dari dalam tanah. Air itu kemudian dinamakan air Zam-zam.

Dari kisah itu dapat difahami betapa pentingnya setiap insan bersungguh-sungguh berusaha sendiri, meskipun sudah menyerahkan diri dan yakin akan kekuasaan Allah. Allah akan menolong hamba-hambaNya, laki-laki dan perempuan, yang mau berusaha di mana pun berada.

0 comments:

Post a Comment